Forum Perangkat Daerah Kota Madiun

Madiun-Forum Perangkat Daerah merupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang di tingkat kelurahan, kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD serta menyusun dan menyempurnakan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh Perangkat Daerah terkait.

 Kegiatan yang diadakan Bappeda Kota Madiun ini dilaksanakan pada hari senin (11/3), peserta forum perangkat daerah antara lain Walikota Madiun, Walikota dan Wakil Walikota Madiun Terpilih, Ketua dan Anggota DPRD Kota Madiun, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Sub Bagian Perencanaan masing-masing perangkat Daerah, Stakeholder dari masing-masing. Acara di gelar di Wisma Haji Pemerintah Kota Madiun. Di hadiri oleh Kelompok I (Bidang Pemerintahan, Hukum, Sumber daya Manusia, Pendidikan, dan Sosial Budaya) di Ruang Aula Utama lantai II. Kelompok II (Perekonomian dan Kesejahteraaan Rakyat) di Ruang kelas bawah lorong sebelah timur. Kelompok III (Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat) di Ruang selatan/Asrama IV lantai II.

Proses perencanaan partisipatif yang diselaraskan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota Provinsi serta Nasional. Forum Perangkat Daerah merupakan instrument dalam proses perencanaan pembangunan, sehingga secara teknis berbagai keputusan dalam pelaksanaan pembangunan dirumuskan secara bersama dan dilaksanakan sesuai dengan jenjang pemerintahan. Forum ini cukup strategis karena mempertemukan kelompok masyarakat sektoral dan parsial.

Tujuan dari penyelenggaran ini “untuk menyelaraskan program/kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program/kegiatan hasil musrenbang di tingkat kecamatan dan serta pokok-pokok piikiran DPRD. Mempertajam indikator serta target program/kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah”, ungkap Kepala Bapedda Kota Madiun.