Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kota Madiun Tahun 2019



Musrenbang Kota Madiun Tahun 2019 ini merupakan forum musyawarah pemangku kepentingan di tingkat kota untuk melakukan koordinasi perencanaan pembangunan antara Pemerintah Kota dengan seluruh pemangku kepentingan yang secara khusus membahas konsep Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Madiun Tahun 2020 berdasar aspirasi masyarakat serta berdasarkan hasil Penyelenggaraan Forum OPD.

Pemberlakuan otonomi daerah yang luas, seperti di amanatkan Undang Undang 23 Tahun 2014, menempatkan Forum Musrenbang ini sebagai wahana partisipasi masyarakat untuk menyamakaan persepsi, membangun komitmen bersama, dan menterpadukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah pembangunan yang ada di daerah.

Acara Musrenbang Kota Madiun Tahun 2019 di Gedung Balai Diklat Pemerintah Kota Madiun Senin (18/3 ) yang dihadiri oleh Bappeda Provinsi Jawa Timur, Bakorwil I Madiun, DPRD Kota Madiun, Anggota Forpinda Walikota Madiun Terpilih, Wakil Walikota Terpilih Ibu Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu Ketua Dharma Wanita, DPRD Kota Madiun, Kepala OPD, Camat dan Lurah, LPMK dan LSM di Kota Madiun. Dalam acara tersebut Kepala BAPPEDA Kota Madiun sebagai Ketua Penyelenggara acara, menyampaikan bahwa Prioritas Pembangunan Kota Madiun Tahun 2020 adalah :

  1. Peningkatan Sumber Daya Manusia
  2. Penungkatan Kualitas Lingkungan Permukiman dan Infrastruktur Hijau
  3. Pengembangan Potensi Ekonomi Daerah
  4. Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan dan
  5. Peningkatan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat.

Forum Perangkat Daerah Kota Madiun

Madiun-Forum Perangkat Daerah merupakan forum koordinasi antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang di tingkat kelurahan, kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD serta menyusun dan menyempurnakan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah yang tata cara penyelenggaraannya difasilitasi oleh Perangkat Daerah terkait.

 Kegiatan yang diadakan Bappeda Kota Madiun ini dilaksanakan pada hari senin (11/3), peserta forum perangkat daerah antara lain Walikota Madiun, Walikota dan Wakil Walikota Madiun Terpilih, Ketua dan Anggota DPRD Kota Madiun, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Sub Bagian Perencanaan masing-masing perangkat Daerah, Stakeholder dari masing-masing. Acara di gelar di Wisma Haji Pemerintah Kota Madiun. Di hadiri oleh Kelompok I (Bidang Pemerintahan, Hukum, Sumber daya Manusia, Pendidikan, dan Sosial Budaya) di Ruang Aula Utama lantai II. Kelompok II (Perekonomian dan Kesejahteraaan Rakyat) di Ruang kelas bawah lorong sebelah timur. Kelompok III (Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat) di Ruang selatan/Asrama IV lantai II.

Proses perencanaan partisipatif yang diselaraskan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (musrenbang) di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota Provinsi serta Nasional. Forum Perangkat Daerah merupakan instrument dalam proses perencanaan pembangunan, sehingga secara teknis berbagai keputusan dalam pelaksanaan pembangunan dirumuskan secara bersama dan dilaksanakan sesuai dengan jenjang pemerintahan. Forum ini cukup strategis karena mempertemukan kelompok masyarakat sektoral dan parsial.

Tujuan dari penyelenggaran ini “untuk menyelaraskan program/kegiatan Perangkat Daerah dengan usulan program/kegiatan hasil musrenbang di tingkat kecamatan dan serta pokok-pokok piikiran DPRD. Mempertajam indikator serta target program/kegiatan Perangkat Daerah sesuai dengan tugas dan fungsi Perangkat Daerah”, ungkap Kepala Bapedda Kota Madiun.